Manfaat Bulu Ketiak

Jangan pernah meremehkan bulu ketiak Anda! Dengan alasan estetika, mode, kenyamanan dan kebersihan, banyak perempuan yang mencabuti atau mencukur habis bulu ketiaknya. Aktivitas mencabut atau mencukur bulu ketiak kedengarannya memang sepele, tapi tahukah Anda, mencabut atau mencukur habis bulu ketiak ternyata memiliki bahaya yang jauh lebih besar pada kesehatan dibandingkan dengan manfaatnya.

Nah, sebelum mengenal lebih jauh mengenai bahayanya, sebaiknya kenali dulu dengan baik manfaat bulu ketiak ini:
Sarat fungsi melindungi
Selain untuk melindungi kulit dari kotoran dan bakteri. Bulu ketiak juga berfungsi untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Tak hanya itu bulu ketiak berfungsi untuk melindungi organ vital yang berada di dekatnya, yaitu payudara.
Menimbulkan bau tak sedap
Pada ketiak terdapat kelenjar apocrine yang dihasilkan saat Anda berkeringat. Pada perempuan, aktivitas kelenjar ini akan hilang mulai saat memasuki masa menopause. Kelenjar ini mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine ini hanya berbau lemak. Tapi karena di setiap helai bulu rambut mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, akibatnya jika tidak dijaga kebersihannya bisa menimbulkan bau badan yang tak sedap.
Sarat bahaya
•· Dengan mencukur bulu ketiak, maka di ketiak akan timbul banyak luka kecil tak kasat mata. Pori-pori di daerah ketiak juga akan membesar. Ini memungkinkan toksin dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodoran, bedak, dan krim akan dengan mudah memasuki kulit.
•· Perlu Anda ketahui bahwa daerah lipatan ketiak merupakan tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Kalenjar inilah yang bisa memudahkan transportasi racun dan zat kimia dari luar tubuh ke bagian dalam tubuh, terutama ke payudara. Sehingga tidaklah mengherankan jika mencabut atau mencukur bulu ketiak selalu dihubung-hubungkan dengan kanker payudara. Selain payudara, kemungkinan racun dari luar tubuh juga masuk ke bagian tubuh lainnya seperti paru-paru, jantung, dan otak.
•· Saat mencabut bulu ketiak, tanpa disadari biasanya terjadi luka dan pori-pori membesar. Luka inilah yang memudahkan timbulnya penyakit, seperti radang, bengkak atau bernanah kemudian menjadi infeksi. Kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang dan iritasi terjadi terus menerus, bisa menyebabkan mutasi sel. Nah, mutasi sel inilah yang juga memungkinkan terjadinya kanker payudara.

Lebih baik digunting
Menghilangkan bulu ketiak dengan cara apapun seperti waxes juga tidak disarankan karena resiko terjadinya kanker payudara sama besarnya dengan dicabut atau dicukur. Jadi lebih baik dipotong dengan menggunakan gunting kecil atau gunting khusus. Sebab dengan digunting resiko terjadinya luka dan pembesaran pori-pori tidak akan terjadi.

Sumber: Dari berbagai sumber

  1. bulu ketek jangan dicukur🙂
    salam kenal mas

    • dipotong aja..lagian klo cowok g dicukur g masalah(enakny jadi cowok)😀
      salam knl jg

  2. wah menarik nih! info. baru tau ane! well salam kenal bro!

    • hahah..kakek masih punya bulu pa???

        • onnie
        • November 20th, 2011

        kakek kamu apa kamuuuuu?????hheeeeeeeeeeee…….wkwkwkk…….

  3. cukur sih biar rapih wkwkwkwk

  4. Lha tapi kalau cewek ketiaknya gondrong riwug-riwug kan ndak enak enak masalahnya ndak umum. Seperti saya nonton filem Lust Caution, walau kece banget tapi ketiaknya ketel jadi gimana gitu hehheehe

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    • hahaha…iya..
      dianjurkan digunting aja mas..

      disensor aj mas ketiaknya..wkwkwkw

  5. Wah kalo saya ga suka tuh banyak bulu ketiak..geli dan bau…ya di cukur aja..salam kenal..mau tukar link boleh ga ya..?.trims

    • stophandsweating
    • Februari 3rd, 2011

    Informasi yang sangat bermanfaat. Sukses Terus sahabat
    http://stopkeringatberlebih.com

  6. 🙂

    • aris
    • Agustus 21st, 2011

    mmmm…..ketiak saya mulai di tumbuhi bulu,
    Wah,,,enak jga kyak.y cium bulu ketiak sndiri….:-D

    • 2b
    • November 2nd, 2011

    tapi, apa akibatnya jika seseorang tidak memiliki rambut ketiak ??
    nah , kalo di hilangkan permanen apa akibatnya bagi kesehatan ??

    • onnie
    • November 20th, 2011

    wahhhh…… di rebonding azaa…… wkwkwkwkwk…………..

  7. Scrub Ketiak: 1. Mengangkat sel – sel kulit mati pada lipatan ketiak.
    2. Mengurangi keringat (basah) yang berlebihan pada ketiak.
    3. Mencerahkan warna kulit ketiak yang menghitam karena deodorant.

    http://www.mahkotadewa.co.cc/2011/11/scrub-ketiak.html

    • Masturoh
    • November 21st, 2012

    Sipp. Tq info nya brguna bgt.

    • Saril
    • Januari 31st, 2013

    jdi, bgi kaum hawa tinggal pilih aja,,,mau sehat tapi kurang indah dipandang atau mau cantik tapi beresiko kanker<<<saya bingung heu heu

    • setyawan
    • September 17th, 2013

    aku suka sekali wanita yg bulu ketiaknya lebat setyawan 0813 9319 3571

    • sepjpang
    • Januari 10th, 2014

    sip buat infonya, justru yang berbulu yang sexy and banyak manfaatnya

    • asep taryana
    • Februari 3rd, 2014

    cowok lebih macho dgn bulu ketiak yang lebat

  8. bener dan sangat menyetujui sekali bahwa semua ada akibatnya, dan bulu ketiak sebenarnya memang ada manfaatnya. tapi mungkin alangkah baiknya kali dirapihkan mungkin ya?? hhehe

    • ipul
    • Februari 8th, 2014

    ga punya bulu ketek
    ada paling cuma 5 helai
    itu alami bukan karena di cabut atau di cukur
    macam mana kalo gitu?

  9. May I simply just say what a relief to find someone who genuinely understands
    what they are talking about on the internet. You certainly know how to bring a problem
    to light and make it important. More people ought
    to read this and understand this side of your story.
    I was surprised you aren’t more popular since you most certainly possess the gift.

    • Rini Borja
    • Juli 4th, 2014

    Udah Kadung Dcabut To Klu D Panjangkn
    gtal BngeT Tngan Na Mw Cabut Z

  10. I’ve been browsing online more than three hours today,
    yet I never found any interesting article like yours. It is
    pretty worth enough for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made good content as you did, the internet will be a
    lot more useful than ever before.

    • Csan
    • Oktober 29th, 2014

    Bakar ajalah kalo dipotong bakalan tumbuh lagi. Males bray. . .

    • Arshita
    • Desember 23rd, 2015

    kalau ketiak hitam disebabkan oleh apa?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: