Tentang Timbal pada Bensin

Saat-saat liburan kuliah gini memang pas klo kita sempetin mereview kuliah-kuliah yang diajarkan dosen kemarin agar pelajaran yang diberikan tidak terlupakan begitu saja. Disini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya dapat pada waktu kuliah. Kebetulan saat kuliah sedang membahas pnyebab pencemaran lingkungan. Salah satunya oleh mas Timbal ini.

What is timbal???
Timbal merupakan unsur logam berat yang terdapat secara alami dalam kerak bumi dan tersebar ke alam proses alami termasuk letusan gunung berapi dan proses geokimia. Pb merupakan logam lunak yang berwarna kebiru-biruan atau abu-abu keperakan dengan titik leleh pada 327,5 ºC dan titik didih 1.740 ºC pada tekanan atmosfer. Timbal mempunyai nomor atom terbesar dari semua unsur yang stabil, yaitu 82. Logam ini sangat resistan (tahan) terhadap korosi, oleh karena itu seringkali dicampur dengan cairan yang bersifat korosif (seperti asam sulfat).

Apakah manfaat dari Timbal ini???
Nah karena sifat timbal ini yang tahan terhadap korosi(karatan), timbal ini biasanya digunakan untuk bahan perpipaan, bahan aditif untuk bensin, baterai, pigmen dan amunisi. Selain itu dalam dunia permesinan terutama kendaraan bermotor timbal ini juga bermanfaat buat menambah nilai oktan pada bensin(premium) sehingga efek knocking(ketukan) pada mesin dapat dihindari. Residu timbal ini berfungsi untuk melapisi katup. Karena ada lapisan ini, maka ketika katup menutup ada semacam bantalan/pelindung antara bahan metal katup dengan dudukan katup(valve seat) di cylinder head mesin sehingga terhindar terjaga dari keausan dan resesi (recession valve) sehingga lebih tahan lama/awet.

Alur Pajanan!!!!!!!!!

Manusia menyerap timbal melalui udara, debu, air dan makanan. Tetraethyl lead(TEL), yang merupakan bahan logam timah hitam (timbal) yang ditambahkan ke dalam bahan bakar berkualitas rendah untuk menurunkan nilai oktan. Pb organik diabsorbsi terutama melalui saluran pencernaan dan pernafasan dan merupakan sumber Pb utama di dalam tubuh.Selain itu mangan pada MMT dan karsiogenik pada MTBE (bahan aditif pada bensin selain TEL yang menghasilkan zat berbahaya bagi tubuh).

Dampak Pb pada kesehatan!!!!!!

  • Sistem syaraf dan kecerdasan

Efek timbal terhadap sistem syaraf telah diketahui, terutama dalam studi kesehatan kerja dimana pekerja yang terpajan kadar timbal yang tinggi dilaporkan menderita gejala kehilangan nafsu makan, depresi, kelelahan, sakit kepala, mudah lupa, dan pusing. Pada tingkat pajanan yang lebih rendah, terjadi penurunan kecepatan bereaksi, memburuknya koordinasi tangan-mata, dan menurunnya kecepatan konduksi syaraf.
Efek timbal terhadap keerdasan anak memiliki efek menurunkan IQ bahkan pada tingkat pajanan rendah. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa kenaikan kadar timbal dalam darah di atas 20 µg/dl dapat mengakibatkan penurunan IQ sebesar 2-5 poin.

  • Efek sistemik

Kandungan Timbal dalam darah yang terlalu tinggi (toksitas Timbal yakni diatas 30 ug/dl) dapat menyebabkan efek sistemik lainnya adalah gejala gastrointestinal. Keracunan timbal dapat berakibat sakit perut, konstipasi, kram, mual, muntah, anoreksia, dan kehilangan berat badan. Pb juga dapat meningkatkan tekanan darah. Intinya timbal ini dapat merusak fungsi organ.

  • Efek terhadap reproduksi

Pajanan timbal pada wanita di masa kehamilan telah dilaporkan dapat memperbesar resiko keguguran, kematian bayi dalam kandungan, dan kelahiran prematur. Pada laki-laki, efek timbal antara lain menurunkan jumlah sperma dan meningkatnya jumlah sperma abnormal.

  • Pada tulang

Pada tulang timbal akan ion Pb2+, logam ini mampu menggantikan keberadaan ion Ca2+ (kalsium) yang terdapat pada jaringan tulang. Konsumsi makanan tinggi kalsium akan mengisolasi tubuh dari paparan timbal yang baru.

Upaya yang dapat dilakukan

Tubuh sebenarnya mampu mengeluarkan timbal. Diperlukan waktu 35 hari untuk mengeluarkannya. Sayangnya, bila setiap hari tubuh terpapar timbal, tidak ada waktu untuk mengeluarkannya. Akibatnya, timbal akan menumpuk di dalam tubuh. Karena sumber utama Pb yang masuk ke tubuh kita melalui pernafasan maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menghapuskan zat aditif TEL yang mengandung timbal pada bahan bakar bensin(premium). Carikan solusi bahan pengganti aditif bensin sehingga aman bagi tubuh.
Jangan hanya memperhatikan kesehatan kendaraan kita tetapi kita juga harus memperhatikan kesehatan kita bukan???

Sumber: Dosen Kuliah dan artikel tentang timbal

  1. Timbal sangat berbahaya ya… ayo dukung penghapusan zat aditif TEL… salam nonton

  2. wew.. timbal ternyata sampe segitu bahayanya yah?? wah makasih banget, nih.. jadi bisa berhati-hati.. ^^

  3. betul.
    smester kmaren gw praktek, dampak logam berat (termasuk timbal) terhadap protein. hasilnya logam berat positif merusak protein.
    nice post..
    slam kenal.

    • iya mas..dampak logam berat sangat banyak jika penggunaannya tidak terkontrol..

  4. waduh padahal aq sering ngemut bensin terus di semburkan ke api….klo pas lagi atraksi di pramuka……..tau gini jadi pikir2 lagi deh ……takut kena racun logam berat

  5. info yang bermanfaat
    terus berbagi mas

  6. wah begitu ya? ternyata bisa selama 35 hari dari tubuh kita bisa punya timbal

  7. Mas Temen saya kerja di bengkel lah tiap hari di kalo nyervis motor dia kadang menyedot selang pembuangan bensin, apakah bahaya ??

    • nur aziza
    • Maret 3rd, 2016

    thanks infonya pak. sangat bermanfaat bagi kita semua.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: